8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Anak Kecewa!

Jumat, 19 April 2024 11:40 WIB

8 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Anak Kecewa!
Bernadette Andika Gitawardani

Bernadette Andika Gitawardani

Bagikan :

Layaknya orang dewasa, anak-anak juga bisa merasakan kecewa apabila mereka tidak mendapatkan keinginannya atau diperlakukan tidak menyenangkan. Beberapa hal yang membuat anak kecewa tersebut akan membuat ia mudah marah dan mengamuk. Jika sudah begini, orang tua biasanya akan merasa kewalahan saat menghadapinya.

Nah, untuk mengurangi terjadinya ledakan emosi ini, orang tua perlu mengetahui beberapa hal yang membuat anak kecewa

Baca juga: Mengatasi Anak Pemalu agar Lebih Berani

.

Hal-hal yang Membuat Anak Merasa Kecewa

Anak-anak masih memiliki keterbatasan untuk mengungkapkan apa yang diinginkan atau diharapkannya. Keterbatasan inilah yang kadang membuat orang tua sulit untuk memahami kemauan anak-anak. 

Akibatnya, saat mereka tidak mendapat apa yang diinginkannya, mereka akan merasa kecewa dan akhirnya marah hingga mengamuk.

Selain tidak mendapatkan apa yang diinginkan, berikut beberapa hal yang bisa membuat anak kecewa.


1. Tidak dihargai

Anak-anak senang jika mereka disemangati dan diberikan apresiasi, bahkan untuk hal kecil yang baru mereka lakukan. Jika mereka tidak dihargai akan hal-hal tersebut, mereka mungkin akan merasa kecewa dan tidak mau melakukannya lagi.

2. Banyak menggunakan kata-kata negatif

Anak-anak mungkin lebih mudah kehilangan semangat jika banyak hal negatif di sekeliling mereka. Tentu saja ini termasuk ungkapan negatif yang diutarakan oleh orang tuanya. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan kata-kata seperti “tidak”, “jangan”, “tidak pernah”, dan lainnya terlalu sering.

Lingkungan yang negatif dapat meninggalkan kesan yang sangat membekas di benak anak dan tidak baik bagi dirinya di masa mendatang.

Selain itu, secara langsung, kata-kata negatif yang muncul dari orang yang mereka sayangi ini juga akan membuat mereka merasa sedih dan kecewa. Baginya, orang-orang inilah yang seharusnya mendukung mereka, bukan sebaliknya.

3. Merasa terancam

Ancaman merupakan salah satu bentuk pelecehan emosional. Dan, anak-anak masih terlalu kecil untuk menerimanya. Sayangnya, sebagai orang dewasa, kita kerap kali tanpa sadar mengancam anak-anak. Hal inilah yang akhirnya membuat anak bisa merasa takut dan kecewa. 

4. Memaksakan kemauan orang tua pada anak

Sebagai orang tua kadang kita merasa bahwa apa yang kita lakukan dan terapkan pada anak adalah yang terbaik untuknya. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, pernahkah Mums berpikir bahwa anak-anak sebenarnya memiliki caranya sendiri untuk mencapai sesuatu.

Faktanya, anak-anak memang lebih kreatif dibanding orang dewasa. Jadi, jika memang si Kecil memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu, selama itu tidak membahayakan, ada baiknya Mums tidak perlu melarang dan memaksanya.

Pemaksaan ini hanya akan membuat anak merasa sedih dan kecewa. Ingatlah, sebagai orang tua kita hanya perlu mendampingi dan mengawasi.

5. Saat diabaikan

Anak sangat membutuhkan perhatian penuh dari orang-orang di sekitarnya. Jadi, jika sebagai orang tua, kita sering mengabaikannya, misalnya dengan tidak menanggapi omongan atau bahkan lebih memilih sibuk dengan handphone, anak akan merasa diabaikan. Perasaan diabaikan ini akan membuat anak merasa sangat kecewa.

Tak hanya itu, beberapa orang tua juga mungkin mengabaikan anak-anaknya saat mereka sedang marah-marah. Ya, meski tak bisa dipungkiri, tantrum yang terjadi pada anak memang bisa membuat orang tua kewalahan. Namun, perlu diketahui bahwa mengabaikan anak dalam kondisi seperti ini bisa membuatnya semakin kesal.

6. Mendapat hukuman

Tidak ada yang suka diberi hukuman, apalagi anak-anak. Apalagi, hukuman sebenarnya tidak akan membuat anak mengetahui kesalahannya. Sebaliknya, ini hanya akan membuat anak merasa kecewa dan tidak dihargai.

7. Dikritik

Seperti disebutkan sebelumnya, anak-anak memiliki cara berpikir yang lebih kreatif. Sehingga, memberikan kritik padanya hanya akan melukai hatinya. Alih-alih mengkritik, cobalah untuk mengatakan apa yang salah dari ungkapannya dan bantu ia menemukan cara lain yang lebih baik.

8. Dibandingkan dengan orang lain

Setiap anak itu unik dan berbeda. Jangan pernah membandingkan si Kecil dengan anak lain karena akan memunculkan rasa kecewa dan sedih.


Itulah beberapa hal yang bisa membuat anak merasa kecewa. Setelah mengetahui hal ini, sebagai orang tua kita sebaiknya bisa mengantisipasi dengan tidak melakukannya pada si Kecil. Rasa kecewa yang menumpuk dalam diri anak dapat berpengaruh terhadap kondisinya di masa mendatang.


Referensi

India Parenting. 10 Things That Can Upset Kids.