5 Bahaya Main HP Sebelum Tidur

Jumat, 5 April 2024 17:30 WIB

5 Bahaya Main HP Sebelum Tidur
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Main HP sebelum tidur jadi rutinitas harian yang wajib dilakukan oleh sebagian besar orang. Padahal kebiasaan buruk ini berdampak pada kesehatan baik langsung maupun tidak.  Salah satu alasan menjauhkan ponsel dari kamar tidur adalah agar tidur tetap berkualitas dan tidak terganggu dengan suara notifikasi di HP. 


Main HP sebelum tidur cenderung memicu keinginan impulsive untuk terus berselancar di dunia maya, merespons, membaca, scrolling, memposting, mengklik atau memutar video, bahkan berbelanja! Tapi dilihat dari sisi kesehatan, apa dampak bermain HP sebelum tidur?

Baca juga: Ternyata Ada Sisi Positif Anak Hobi Main Game, Asal Diarahkan!


Dampak Buruk Main HP Sebelum Tidur

Ada sejumlah dampak buruk main HP sebelum tidur yang wajib diketahui berikut ini: 


1. Sinar HP membuat tetap terjaga

Jam biologis orang dewasa yang sehat mengikuti siklus tidur bangun 24 jam. Saat matahari terbit, tubuh memproduksi kortisol yaitu hormon yang membuat kita terjaga dan waspada. Saat sore jelang malam, tubuh melepaskan hormon melatonin yang menghasilkan perasaan mengantuk. Gadget dengan cahaya birunya terbukti mengurangi atau menunda produksi melatonin di malam hari dan mengurangi rasa kantuk. Itu sebabnya ketika menatap layar HP, mata kita tetap melek dan kantukpun hilang. 


2. Memicu insomnia 

Sinar biru pada ponsel mengganggu irama sirkadian. Hal ini sangat berdampak terutama pada orang yang suka begadang dengan fase tidur tertunda secara alami. Jika demikian, ancaman insomnia sangat mudah terjadi. 


3. Mengganggu tumbuh kembang anak

Tidak hanya orang dewasa, bahaya main HP sebelum tidur juga dapat menyerang anak-anak yang melakukan kebiasaan buruk ini. Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara main HP sebelum tidur dan peningkatan latensi tidur atau lamanya waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tertidur. Selain itu, anak-anak yang main HP sebelum tidur sering kali tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup dan cenderung merasa lelah esok harinya. 


4. Mengganggu kualitas tidur

Dampak negatif ini berlaku untuk semua jenjang usia. Main HP sebelum tidur berdampak langsung menurunkan kualitas tidur, mengurangi durasi tidur jadi lebih pendek, permulaan tidur jadi lebih lama, dan kekurangan tidur yang lebih banyak akibat paparan gadget berlebihan.  Stimulasi dari main HP sebelum tidur dapat membuat sulit tidur dan membuat pikiran kembali aktif, berpikir, dan bersemangat kembali. 


5. Membuat sulit tidur 

Rasanya menyenangkan dan tanpa sadar sudah berjam-jam main HP sebelum tidur yang membuat durasi tidur berkurang. Stimulasi dari main HP sebelum tidur dapat membuat sulit tidur dan membuat pikiran kembali aktif, berpikir, dan bersemangat kembali kendati sudah larut malam bahkan dini hari. 


6. Kelelahan dan mengantuk di siang hari 

Poin ini merupakan lanjutan dari dampak buruk main HP sebelum tidur pada poin-poin sebelumnya. Jika durasi tidur berkurang, kualitas tidur buruk, maka yang terjadi kemudian adalah bangun tidur tidak segar, kelelahan karena tidur tidak nyenyak, mengantuk di siang hari karena malam harinya tidak bisa tidur. Dan semua ini berujung pada menurunnya produktifitas dan kualitas belajar maupun bekerja. 

Baca juga: Lagi Tren! Konsep Pernikahan Sederhana ala Gen Z, Hemat tapi Tetap Hikmat!


Bijak Gunakan HP di Malam Hari

Apa pun alasannya sebaiknya hindari komputer, HP, dan perangkat pemancar sinar biru lainnya beberapa jam jelang tidur. Jika harus tetap menggunakannya di malam hari karena pekerjaan atau tugas kuliah, gunakan strategi berikut agar tidur tetap berkualitas. 

  • Kurangi penggunaan gadget di malam hari, sebaliknya maksimalkan penggunaannya di siang hari. 

  • Tetapkan jadwal jam tidur setiap hari. Sebab waktu tidur yang teratur memastikan jumlah waktu istritahat yang cukup, hal ini sangat penting untuk mendapatkan tidur sehat berkualitas.  

  • Lakukan aktivitas santai sejam sebelum tidur yang tidak melibatkan gadget. 

  • Jadikan kamar tidur sebagai zona bebas gadget. Kendati ada TV di dalam kamar, pastikan tidak menontonnya sejam sebelum tidur karena bisa berdampak pada kualitas tidur. 

  • Pastikan lampu kamar tetap redup atau matikan, untuk menekan produksi melatonin ke tingkat yang jauh lebih rendah. 

  • Gunakan mode malam hari pada gadget yang nyaman dilihat mata sebelum tidur untuk mengurangi emisi sinar biru dan mengurangi pengaturan kecerahan layar.

  • Letakkan HP di luar kamar tidur agar kualitas tidur tetap terjaga karena terbebas dari gangguan notifikasi yang masuk. 

  • Gunakan jam sebagai alarm untuk membangunkan tidur. Jangan gunakan HP sebagai alarm kendati ada fitur itu di sana. 

  • Maksimalkan lingkungan tidur dengan mempercantik kamar tidur agar menjadi tempat ternyaman sehingga bisa beristirahat dengan maksimal. 

  • Jika terbangun lebih dari 20 menit di malam hari, bangunlah dan lakukan sesuatu yang menenangkan dan kembali ke tempat tidur ketika rasa kantuk datang. 

  • Jangan mengecek HP jika terbangun di malam hari agar rasa kantuk hilang seketika. 


Mulai malam ini jangan lagi main HP sebelum tidur karena berbagai risiko buruk yang bisa terjadi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Saatnya dapatkan tidur berkualitas agar siang hari lancar beraktivitas. 

Baca juga: 13 Tips Belanja Hemat agar Kantong tidak Sekarat


Referensi : 

Sleepfoundation. how to electronics affect sleep

Verywellhealth. reason why you should not sleep with your cell phone