5 Persiapan Melahirkan Caesar

Senin, 22 April 2024 19:02 WIB

5 Persiapan Melahirkan Caesar
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Operasi caesar adalah operasi untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan rahim seorang wanita. Operasi caesar dilakukan karena alasan medis, yang menyebabkan ibu hamil tidak bisa melahirkan secara normal. Dengan teknologi dan pengobatan yang semakin baik, saat ini operasi caesar termasuk operasi yang aman. Meskipun begitu, Mums perlu melakukan persiapan melahirkan caesar. 


Operasi caesar tetaplah sebuah tindakan bedah besar yang memiliki sejumlah risiko, jadi biasanya hanya dilakukan jika itu merupakan pilihan teraman bagi Mums dan bayi Mums. Untuk membantu Mums yang sedang bersiap menjalani operasi caesar, berikut ini  persiapan melahirkan caesar yang perlu Mums lakukan. 

Baca juga: 7 Makanan Penambah Energi Menjelang Persalinan

Indikasi Persalinan Caesar

Sejak awal hamil, Mums mungkin sudah bertekada melahirkan secara normal karena memiliki beberapa keuntungan, terutama proses penyembuhannya yang cepat. Namun, terkadang operasi caesar justru lebih aman untuk Mums atau si Kecil daripada persalinan pervaginam. Berikut beberapa alasan persalinan harus dilakukan secara caesar:

  • Pembukaan persalinan tidak maju alias macet

  • Gawat janin

  • Presentasi janin kurang baik, misalnya sungsang atau melintang

  • Hamil kembar

  • Masalah di plasenta

  • Prolaps tali pusat di mana tali pusat keluar dari jalan lahir atau serviks terlebih dahulu

  • Riwayat persalinan caesar karena panggul sempit, dan alasan lainnya.

5 Tips Persiapan Melahirkan Caesar

Operasi caesar mungkin direkomendasikan sebagai prosedur terencana (elektif) atau dilakukan dalam keadaan darurat. jika dianggap melahirkan melalui vagina terlalu berisiko.


Jika persalinan caesar yang akan Mums lakukan sudah direncanakan, berikut ini tips  persiapan melahirkan caesar yang bisa dilakukan:


1. Batasi makanan padat selama delapan jam sebelum operasi caesar

Langkah ini akan mengurangi kemungkinan muntah atau komplikasi di paru-paru. Hingga beberapa tahun yang lalu, para dokter bahkan menyarankan untuk tidak meminum cairan apa pun sebelum operasi karena alasan yang sama. Namun, saat ini saran tersebut tidak lagi direkomendasikan sebagai persiapan melahirkan caesar karena ibu hamil yang tidak makan atau minum dalam waktu yang lama, akan menyebabkan kelelahan secara fisik dan emosional saat persalinan dan pemulihan pascaoperasi.


Mums mungkin diminta membatasi makanan berat, namun Mums tetap dapat minum air putih seperti biasa. Pastikan dan pahami arahan yang diberikan dokter terkait makan dan minum. 


2. Mandi dengan sabun khusus

Malam atau pagi hari sebelum Mums menjalani operasi caesar, perawat mungkin meminta Mums untuk mandi dengan sabun khusus dari rumah sakit. Tujuannya adalah untuk membunuh bakteri pada kulit dan mengurangi risiko infeksi setelah operasi caesar.


3. Jangan mencukur bulu perut atau kemaluan

Mums mungkin berpikir bahwa dengan mencukur bulu di perut atau kemaluan, akan lebih nyaman dan bersih. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, mencukur dengan pisau cukur justru menimbulkan goresan kecil di kulit, yang dapat menyebabkan infeksi setelah melahirkan. Jika pencukuran bulu diperlukan, perawat akan menanganinya dengan alat di rumah sakit pada hari operasi caesar.


4. Diskusikan dengan dokter tantang jenis sayatan dan jahitan operasi caesar

Dokter dapat menggunakan berbagai metode berdasarkan jenis sayatan kulit, karakteristik tubuh, dan permintaan pasien. Biasanya luka sayatan bisa vertikal memanjang dari atas ke bawah atau menyamping dari kanan ke kiri. 


Untuk menutup luka, dokter bisa menggunakan staples, jahitan, atau lem. Jika Mums pernah menjalani operasi caesar sebelumnya, Mums mungkin memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang metode penutupan luka tertentu. Pastikan untuk membicarakan hal ini dengan dokter jika dia tidak menyebutkannya terlebih dahulu, supaya Mums tahu apa yang akan terjadi saat perban dilepas untuk pertama kalinya.


5. Diskusikan tentang manajemen nyeri

Ada banyak cara pemberian obat antinyeri untuk mengendalikan rasa sakit setelah operasi. Dokter mungkin tidak menjelaskan secara detil, namun Mums bisa menanyakannya ke dokter. 



Ternyata persiapan melahirkan caesar jauh lebih banyak daripada persiapan persalinan normal. Jangan khawatir dan merasa terbebani ya Mums, karena dengan persiapan matang diharapkan proses persalinan caesar akan lancar dan Mums cepat pulih. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan tentang persiapan persalinan caesar ini dan jangan ragu bertanya.

Baca juga: Manfaatnya Banyak, Ibu Hamil Harus Sering Jalan Kaki

Referensi:

NHS. caesarean-section/what-happens

Utsmed. c-section-what-to-know

Raisingchildren. planned-caesarean