Manfaatnya Banyak, Ibu Hamil Harus Sering Jalan Kaki

Kamis, 18 April 2024 08:07 WIB

Manfaatnya Banyak, Ibu Hamil Harus Sering Jalan Kaki
Ana Yuliastanti

Ana Yuliastanti

Bagikan :

Aktivitas fisik sangat penting bagi tubuh termasuk untuk ibu hamil. Karena itu ibu hamil tidak boleh mager. Harus mau bergerak, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Manfaat jalan kaki ibu hamil sangatlah besar untuk kesehatan diri dan janin yang dikandungnya.


Jalan kaki tergolong olahraga ringan berisiko rendah bagi ibu hamil. Sebelum melakukannya pastikan Mums sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Agar kehamilan tetap aman dan manfaat jalan kaki ibu hamil bisa maksimal dirasakan. 


Setiap pagi luangkan waktu untuk berjalan kaki di sekitar rumah. Manfaat jalan kaki bagi ibu hamil bisa langsung dirasakan saat itu juga dan saat melahirkan nanti. Karena itu jangan mager, jangan tunda, yuk jalan kaki bumil. 

Baca juga: Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan


Manfaat jalan kaki bagi ibu hamil  

Kehamilan bukan halangan untuk berolahraga ringan setiap harinya. Justru saat hamil, Mums dituntut untuk tetap bugar agar bisa menikmati kehamilan yang sedang berlangsung. 


Berjalan kaki saat hamil secara umum baik untuk kesehatan secara keseluruhan, untuk mendapatkan durasi dan jarak yang ideal dan aman, sebaiknya patuhi anjuran dokter kandungan ya Mums. Durasi 30 menit per sesi selama lima hari seminggu merupakan standar ideal jalan kaki untuk ibu hamil. 


Berikut ini sejumlah manfaat jalan kaki ibu hamil:

  1. Mengurangi risiko komplikasi. Berjalan kaki secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes gestasional dan preeklampsia. Dua jenis komplikasi yang biasanya terjadi pada ibu hamil. 

  2. Menjaga mood tetap sehat. Saat berolahraga tubuh mengeluarkan enzim endorphin yang membuat rasa nyaman, sehingga mengurangi stress atau kecemasan yang dirasakan.

  3. Mengurangi nyeri punggung dan sembelit salah satunya bisa diatasi dengan berjalan kaki secara rutin. 

  4. Meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. 

  5. Jantung dan pembuluh darah menjadi lebih kuat dan sehat, ditambah stamina dan kebugaran yang lebih baik. 

  6. Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak malam harinya setelah berjalan kaki di pagi hari. 

  7. Petambahan berat badan yang semakin sehat sesuai standar yang disarankan. 

  8. Mengurangi risiko kelahitan premature dan persalinan Caesar.

  9. Memperkuat otot punggung dan panggul yang sangat dibutuhkan saat melahirkan secara normal.  

  10. Saat melahirkan nanti, dengan banyak berjalan kaki saat hamil, pemulihan pasca melahirkan akan lebih cepat. Sebab tubuh yang sehat dan kuat merupakan modalitas utama saat persalinan dan masa pemullihan. 


Jalan kaki yang aman untuk ibu hamil 

Untuk mendapatkan besarnya manfaat jalan kaki ibu hamil, ada aturan yang harus dipatuhi dalam melakukannya. Salah satunya dengan memperhatikan beberapa hal seperti usia kehamilan dan berbagai persiapan lainnya.


Ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan seperti menyiapkan minum untuk mencegah dehidrasi, menggunakan sepatu kets yang kokoh dan tidak terlalu tinggi, gunakan pakaian yang tepat menyerap keringat dan nyaman digunakan. 


Lakukan pemanasan terlebih dahulu, berjalan secara perlahan, lakukan bertahap dengan jeda antar waktu.  Selesai melakukan jalan kaki, jangan lupa lakukan pendinginan beberapa saat. Seperti berjalan lebih lambat atau mencoba peregangan sederhana. 


Jangan berbaring terlentang untuk meregangkan paha depan. Posisi ini memberi tekanan pada pembuluh darah yang membawa darah ke jantung. 


Saat memasuki trimester ketiga dengan kondisi perut yang semakin membesar, hal ini bisa memengaruhi keseimbangan. Perhatikan tanda-tanda pusing dan kelelahan karena aktivitas atau latihan yang berlebihan. Karena itu kurangi jalan kaki sesuaikan dengan kebutuhan. 


Jika mengalami kontraksi rahim atau keluarnya cairan dari vagina, segera periksa ke dokter. Gejala lain yang perlu segera ke dokter di antaranya, pusing, merasa lelah, sakit di dada, sakit kepala, otot lemah, nyeri atau bengkak pada betis. 

Setelah tahu manfaat jalan kaki ibu hamil, Mums yang saat ini sudah memasuki usia kehamilan trimester tiga tentu sudah tidak ragu lagi untuk memulai rutinitas berjalan kaki. Jangan lupa, ajak suami ya!


Referensi : 

Wahttoexpect. walk-it-off

Thedomfamily. benefits-of-walking-during-pregnancy