Asam Lambung Ibu Hamil Naik, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jumat, 19 April 2024 17:07 WIB

Asam Lambung Ibu Hamil Naik, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ana Yuliastanti

Ana Yuliastanti

Bagikan :

Ibu hamil kadang mengalami gangguan pencernaan, misalnya asam lambung naik. Rasa tidak nyaman di dada akan dirasakan Mums saat asam lambung ibu hamil naik ke kerongkongan. Kondisi ini sering disbeut refluks asam, dan merupakan hal yang normal pada ibu hamil karena faktor hormonal maupun pertumbuhan bayi yang menekan lambung.



Mums dapat meringankan rasa tidak nyaman akibat asam lambung ibu hamil naik dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, dan terdapat obat-obatan yang aman dikonsumsi selama kehamilan.


Baca juga: 7 Makanan Penambah Energi Menjelang Persalinan

Asam lambung pada ibu hamil naik, apa gejalanya?

Saat asam lambung ibu hamil naik, Mums akan measakan gejala-gejelas seperti:

- sensasi panas terbakar atau nyeri di dada

- lambung terasa penuh, berat atau kembung

- terus bersendaw

- seluruh badan terasa tidak nyaman


Gejala biasanya muncul segera setelah makan atau minum, namun terkadang ada jeda antara waktu makan dan gangguan pencernaan.


Kapan masalah asam lambung ini muncul selama kehamilan? Mums bisa merasakan gejalanya kapan saja selama kehamilan, tetapi gejala ini lebih sering terjadi setelah minggu ke-12 dan seterusnya.


Penyebab asam lambung ibu hamil naik

Selama masa kehamilan, kemungkinan besar Mums mengalami gangguan pencernaan akibat asam lambung naik, karena hal-hal sebagai berikut:

- perubahan hormonal

- janin tumbuh semakin besar sehingga menekan isi lambung untuk naik ke kerongkongan. 

- otot-otot antara lambung dan kerongkongan mengendur, memungkinkan asam lambung naik kembali


Risiko ibu hamil mengalami masalah asam lambung semakin besar jika sebelum hamil punya riawayat asam lambung, atau hamil tua (kehamilan di trimester akhir).


Baca juga: Manfaatnya Banyak, Ibu Hamil Harus Sering Jalan Kaki


Cara mengatasi naiknya asam lambung ibu hamil 

Ada beberapa cara yang bisa Mums lakukan untuk membantu mengatasi asam lambung yang bermasalah. Pada dasarnya, perubahan pola makan dan gaya hidup adalah cara yang efektif dan aman. Setidaknya Mums bisa meredakan gejala tidak nyaman aibat asam lambung ibu hamil yang naik. 


1. Terapkan pola makan sehat

Coba perhatikan, apakah Mums mengalami gejala asam lambung naik saat kekenyangan? Bagi bumil, Jika Mums sedang hamil, memang wajar jika tergoda untuk makan lebih banyak dari biasanya, tetapi hal ini mungkin tidak baik untuk Mums atau bayi di dalam kandungan. Coba makan secukupnya agar isi lambung tidak terlalu penuh dan mengurangi produksi asam lambung.


2. Ubah kebiasaan makan dan minum Mums

Mums bisa mengendalikan gangguan pencernaan dengan mengubah kebiasaan makan. Makan dengan porsi kecil tetapi sering, daripada makan besar sebanyak 3 kali sehari. Selain itu jangan makan dalam waktu 3 jam sebelum tidur di malam hari.


3. Duduklah tegak saat makan dan setelah makan

Bumil emang paling nyeman rebahan. Tetapi usahakan duduk tegak setelah makan. Kebiasaan ini akan mengurangi tekanan pada lambung sehingga mencegah isi lambung naik. 


4. Mengurangi minuman yang mengandung kafein

Minuman berkafein akan merangsang produksi asam lambung lebih banyak. Selain kopi, hindari makanan yang kaya rasa, pedas, atau berlemak, untuk meringankan gejala asam lambung naik pada ibu hamil.


5. Posisi tidur

Posisi tidur ketika Mums mengalami asam lambung naik adalah dengan menopang kepala dan bahu saat hendak tidur untuk menghentikan naiknya asam lambung saat tidur. Tidur miring ke kiri juga bisa membantu.


7. Minum obat penetral asam lambung

Jika gejala asam lambung sudah sangat mengganggu, Mums bisa minum obat penetral asam lambung dari golongan antasida. Obat-obatan lain adalah alginat untuk meredakan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh refluks asam dengan menghentikan asam lambung naik ke kerongkongan. 


Sebaiknya jangan mengonsumsi antasida dalam waktu 2 jam setelah mengonsumsi asam folat atau suplemen zat besi. Antasida dapat menghentikan penyerapan suplemen ini.  Jika antasida dan alginat tidak memperbaiki gejala, konsultasikan dengan dokter dan jangan mencoba mengobati sendiri gejala asam lambung naik. 


Itu tadi penyebab dan cara mengatasi asam lambung ibu hamil yang naik atau refluks. Satu hal lagi Mums, hindari stres karena ini adalah pemicu asam lambung naik. Tetap kelola emosi selama hamil, demi kesehatan Mums dan kehamilan Mums. 


Baca juga: Harus Tahu, Ini Ciri-ciri Kontraksi Palsu pada Ibu Hamil


Referensi: indigestion-and-heartburn