12 Penyebab Mums Gagal Diet

Selasa, 23 April 2024 20:18 WIB

12 Penyebab Mums Gagal Diet
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Ketika berat badan cenderung naik, diet adalah solusinya. Namun tidak semua niat menurunkan berat badan ini bisa terwujud. Bahkan ungkapan ‘diet mulai besok’ jadi jokes yang kerap kali dilontarkan. Sebenarnya apa saja penyebab gagal diet, yang merusak rencana mulia ini? 


Faktanya sebagian besar diet gagal, bahkan sebuah penelitian menyebutkan hanya 5% pelaku diet yang berhasil mempertahankan berat badannya selamanya. Jadi diet ini memang pekerjaan maha berat. Itu sebabnya banyak penyebab gagal diet yang tidak disadari. Sehingga membuat frustrasi banyak orang yang bermimpi punya berat badan ideal.  

Baca juga: Suka Minuman Kekinian Tinggi Gula, Awas Ini Bahaya Minuman Manis!


Penyebab Gagal Diet yang Paling Umum 

Untuk bisa berhasil dalam diet, niat saja tidaklah cukup. Mesti didukung rencana yang matang, tekad yang kuat dan tentu saja strategi bertahan dari segala macam godaan yang datang. 


Para godaan inilah yang jadi biang kerok penyebab gagal diet. Berikut ini penyebab gagal diet paling umum yang sering terjadi : 


1. Jangan mengandalkan timbangan 

Daripada hanya mengandalkan timbangan, lebih baik ukur lingkar pinggang dan lemak tubuh sebulan sekali. Sebab inilah salah satu indikator penting turunnya berat badan. Bisa jadi berat badan stabil karena bertambahnya massa otot, dan berkurangnya lemak. 


2. Diet Yo-yo

Diet yo-yo sering dituding jadi salah satu penyebab gagal diet paling utama. Karena pola ini membuat berat badan cepat turun dan cepat naik berulang kali sehingga menimbulkan frustrasi dan perasaan gagal. Diet ini dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga sulit untuk menurunkan berat badan di kemudian hari.  


3. Tidak mencatat apa yang dimakan 

Studi menunjukkan bahwa mencatat asupan makanan atau memotret makanan secara konsisten mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan yang tidak melakukannya. Dokumentasi ini jadi alarm diet ketika mulai kebablasan makan.


4. Makan terlalu cepat 

Di tengah kesibukan yang padat, rutinitas yang serba cepat, menuntut orang untuk makan cepat-cepat pula. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan lebih lambat, tanpa ganggun, menikmati setiap gigitan dan mengunyah dengan tertib perlahan sambil mendengarkan sinyal alami yang memberi tahu otak ketika tubuh merasa cukup, dapat membantu merasa lebih cepat kenyang dan mendorong penurunan berat badan dalam jangka panjang. 


5. Kurangnya asupan protein 

Protein merupakan nutrisi penting untuk membantu menurunkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Karena protein membantu merasa kenyang lebih lama, juga efek protein pada hormon pengatur nafsu makan. Sehingga asupan tinggi protein membantu mencegah berat badan kembali naik. 


6. Terlalu banyak makanan instan 

Tahukah Mums, bahwa kualitas makanan sama pentingnya dengan kuantitas makanan itu sendiri. Jika diet ingin berhasil, jangan mengonsumsi makanan instan atau olahan. Mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan jadi salah satu penyebab gagal diet yang menyulitkan penurunan berat badan. 


7. Kurang berolahraga 

Agar program diet berhasil, pola makan sehat saja tidak cukup. Mesti didukung dengan olahhraga teratur dan terukur. Seperti latihan aerobik, angkat beban yang bisa membantu menurunkan berat badan. Konsultasikan dengan dokter apa jenis olahraga yang tepat agar diet berhasil.


8. Konsumsi minuman manis

Serbuan produk minuman manis murah meriah jadi salah satu godaan terbesar program diet. Minuman manis merupakan faktor utama kenaikan berat badan secara signifikan. Jika ingin diet berhasil hindari minuman manis agar penurunan berat badan efektif. 


9. Kualitas tidur buruk 

Tidur nyenyak jadi salah satu faktor penunjang kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur dan terlalu banyak tidur bisa memicu obesitas dan menghambat kemajuan penurunan berat badan. Jadi jika ingin diet berhasil pastikan memiliki kualitas tidur yang baik. 


10. Kurang minum 

Prinsip diet itu membatasi makanan bukan membatasi minuman. Salah satu penyebab gagal diet adalah tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Sebab hidrasi yang cukup sangat membantu metabolisme tubuh termasuk membakar kalori yang masuk. Untuk menggurangi asupan kalori, minumlah segelas air putih sebelum makan. 


11. Kurangnya dukungan 

Lingkungan yang mendukung seperti keluarga, teman, komunitas sangat penting agar diet berhasil. Sebab motivasi, dukungan, testimoni, merupakan salah satu faktor utama agar tetap fokus pada tujuan diet yang ingin dicapai. 


12. Harapan yang tidak realistis 

Butuh waktu dan usaha untuk bisa berhasil dalam diet, karenanya sangat penting untuk menetapkan tujuan dan ekspektasi yang realistis. Proses ini butuh kesabaran, jika hasilnya tidak secepat yang diinginkan jangan putus asa dan menghentikan diet. Kuncinya adalah realistis pada proses dan hasilnya.



Mums, itulah penyebab gagal diet yang sering terjadi. Pastikan menghindarinya agar program diet berjalan lancar dan hasilnya bisa maksimal. Diet yang berhasil selain mampu mempertahankan berat badan ideal juga memiliki kualitas kesehatan yang semakin baik. Yuk, mulai diet sekarang juga! 

Baca juga: Ini 5 Masalah Seks yang Sering Terjadi!



Referensi : 

Healthline. 20-reasons-you-are-not-losing-weight

Well-choice. why-do-diets-fail