6 Cara Induksi Alami untuk Mempercepat Persalinan Normal

Sabtu, 20 April 2024 15:00 WIB

6 Cara Induksi Alami untuk Mempercepat Persalinan Normal
Ana Yuliastanti

Ana Yuliastanti

Bagikan :

Bukti menunjukkan bahwa olahraga, seks, dan makan makanan tertentu dapat membantu mempercepat proses persalinan. Ini disebut metode induksi alami, yaitu hal yang bisa dilakukan untuk memancing datangnya kontraksi. 


Persalinan normal umumnya terjadi mulai minggu ke-37 hingga 40 usia kehamilan. Biasanya saat menuju proses persalinan Mums akan merasakan kontraksi yang semakin lama semakin rapat jaraknya, dengan kekuatan yang meningkat. Jika kontraksi tak juga datang, Mums bisa mencoba melakukan induksi alami. 

Baca juga: 7 Makanan Penambah Energi Menjelang Persalinan


Beberapa Metode Induksi Alami 

Meskipun ibu hamil melahirkan bayi yang sehat dan sempurna 2 minggu sebelum atau setelah HPL (Hari perkiraan lahir), namun disarankan agar ibu hamil menunggu setidaknya hingga 39 minggu untuk melahirkan.


Yang terbaik adalah membiarkan tandal persalinan datang secara alami, menandakan kapan bayi lahir. Namun, jika kehamilan sudah mendekati minggu 39 bahkan memasuki minggu ke-40, dan belum ada tanda kontraksi atau tanda persalinan yang lain, Mums bisa melakukan 7 cara berikut sebagai metode indukasi alami:


1. Olahraga

Olahraga bisa berupa apa saja yang meningkatkan detak jantung, seperti jalan-jalan. Meskipun metode ini mungkin belum berhasil sebagai induksi alami, ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan menjaga tubuh Mums tetap kuat untuk melewati persalinan yang akan datang.


Menurut studi tahun 2022, berjalan kaki selama 30 menit, tiga kali dalam seminggu dengan kecepatan 4 kilometer  km per jam mulai minggu ke 38 kehamilan dapat membantu menginduksi persalinan. Ini juga dapat membantu mengurangi intervensi selama persalinan pervaginam.


2. Hubungan seks

Meskipun penelitian belum menemukan bukti bahwa berhubungan seks benar-benar bisa menjadi induksi alami dan mempercepat proses persalinan, namun secara teoritis ada beberapa alasan mengapa berhubungan seks dapat memicu persalinan.


Aktivitas seksual, terutama orgasme, dapat melepaskan oksitosin, yang dapat membantu meningkatkan kontraksi rahim. Selain itu, saat berhubungan seks, suami akan mengeluarkan hormon prostaglandin dalam air mani yang mungkin dapat membantu pematangan leher rahim.


Berhubungan seks aman dilakukan pada minggu-minggu terakhir kehamilan, tetapi Mums jangan berhubungan seks setelah air ketuban pecah karena dapat meningkatkan risiko infeksi.


3. Stimulasi puting

Merangsang putting adalah salah satu metode induksi alami yang dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan mempercepat persalinan. Stimulasi puting merangsang produksi oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan rahim berkontraksi dan payudara mengeluarkan ASI.


Faktanya, jika Mums memilih untuk menyusui segera setelah melahirkan, rangsangan yang sama inilah yang akan membantu rahim menyusut kembali ke ukuran aslinya. Mums atau pasangan dapat merangsang puting secara manual, atau mencoba menggunakan pompa payudara.


Penelitian menunjukkan bahwa stimulasi payudara bisa menjadi cara yang efektif untuk:

- menginduksi dan meningkatkan persalinan

- menghindari induksi medis

- mengurangi angka perdarahan postpartum


4. Akupunktur

Akupunktur telah digunakan selama ribuan tahun. Cara kerja akupunktur yang sebenarnya masih belum jelas. Dalam pengobatan Tiongkok, akupuntur diyakini dapat menyeimbangkan chi atau energi vital dalam tubuh. Ini mungkin juga merangsang perubahan hormon atau sistem saraf.


Meskipun demikian, akupunktur harus dilakukan hanya oleh ahli akupunktur berlisensi. Menurut penelitian, manfaat utama akupunktur adalah meningkatkan pematangan serviks.


5. Akupresur

Beberapa praktisi percaya bahwa akupresur dapat menjadi salah satu cara induksi persalinan. Sebelum menerapkan akupresur, pastikan Mums mendapatkan instruksi yang tepat dari ahli akupresur terlatih.


Meskipun demikian, tidak banyak bukti bahwa akupresur benar-benar efektif dalam menginduksi persalinan. Namun jika akupresur tidak membuat persalinan berjalan lancar, akupresur tetap bisa menjadi cara terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan selama persalinan.


6. Makan kurma

Penelitian menunjukkan bahwa makan kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat mempercepat pematangan dan pelebaran serviks, yang mengawali proses persalinan normal. 


Berbagai metode induksi alami ini memang belum memiliki bukti kuat dapat mempercepat datangnya kontraksi. Namun, sebagai sebuah ikhtiar, dan selama kehamilan Mums sehat, metode ini bisa dicoba. Ingat ya, untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dan jangan melakukan tindakan induksi alami yang berbahaya.


Baca juga: Harus Tahu, Ini Ciri-ciri Kontraksi Palsu pada Ibu Hamil

Referensi:

Healthline. natural-ways-to-induce-labor