12 Inspirasi Bekal Anak Sekolah yang Sehat dan Mengenyangkan

Selasa, 16 April 2024 17:07 WIB

12 Inspirasi Bekal Anak Sekolah yang Sehat dan  Mengenyangkan
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Libur sudah usai, anak-anak harus bersiap masuk sekolah kembali. Artinya, Mums akan berhadapan lagi dengan rutinitas menyiapkan bekal untuk anak sekolah setiap pagi. Sedikit repot memang tetapi menyenangkan demi kebutuhan gizi si kecil tercukupi. Sebenarnya, Mums bisa berkreasi lewat pilihan menu makan bekal untuk anak sekolah yang bervariasi setiap harinya. 


Dalam menyiapkan bekal untuk anak sekolah memang perlu trik khusus, selain menunya disukai anak, juga harus kaya akan gizi dan tentu saja penampilannya harus menarik agar anak makin semangat belajarnya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah durasi menyiapkan bekal untuk anak sekolah ini bisa dilakukan dalam waktu singkat. Agar anak tidak terlambat sampai di sekolah. 

Baca juga: Mengatasi Anak Pemalu agar Lebih Berani


12 inspirasi bekal anak sekolah yang sehat dan lezat

Nah, bagi Mums yang bingung kehabisan ide, berikut ini 10 inspritasi bekal anak sekolah yang sehat dan mengenyangkan. 

1. Omelette sayuran 

Pilihan jenis sayuran bisa disesuaikan dengan jenis yang disukai anak, iris halus agar mudah dilarutkan dalam adonan telur. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran cukup untuk kebutuhan anak. Dilengkapi dengan telur dan keju sebagai sumber protein yang penting sebagai zat gizi yang mendukung pertumbuhan anak. 

2. Pancake apel atau stroberi

Apel dan stroberi jadi buah yang paling disukai anak. Pastikan Mums selalu menyediakan apel dan stroberi segar di kulkas, agar ketika muncul keinginan untuk membuat pancake bisa cepat dieksekusi. Pancake buah ini selain mengenyangkan juga sangat segar dikonsumsi. Kandungan nutrisinya lengkap, ada karbohidrat juga serat dari buahnya. Rasa manis alaminya sangat disukai anak-anak. 

3. Pancake Oatmeal Pisang 

Kandungan karbohidrat kompleks dan protein ini sangat tinggi nutrisi, lezat, dan disukai anak. Jika ada pisang yang cenderung sudah matang, cocok dibuat pancake oatmeal pisang ini. Pisang yang sangat matang rasanya sangat manis cocok untuk dijadikan bahan utama pancake ini. Selain manis, pancake ini memiliki tekstur lembut yang mudah dikunyah oleh anak. Pas untuk bekal ke sekolah.  

4. Bento ayam teriyaki 

Bento merupakan salah satu menu favorit anak-anak. Menunya bervariasi, penyajiannya menarik, dan rasanya yang yummy jadi alasan menu bento selalu habis tak bersisa. Untuk bento ayam teriyaki ini, nasinya disajikan sesuai porsi anak, lalu lengkapi dengan acar mentimun, tomat, apel, selada, yang ditata menyerupai bentuk hewan lucu. 

5. Tuna pasta salad

Pasta klasik dengan resep tuna mayo ini mudah disajikan di pagi hari. Cocok untuk bekal sekolah karena disukai anak-anak apalagi ikan tuna yang kaya protein ini menambah lengkap asupan gizi yang dibutuhkan anak. 

6. Spaghetti 

Spaghetti klasik yang disajikan dengan berbagai pilihan topping seperti ikan tuna, ayam, atau daging sapi sangat cocok untuk menu bekal sekolah anak. Selain digandrungi anak, spaghetti juga mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian dilengkapi dengan protein dari topping yang dipilih. Tambah brokoli sebagai sumber seratnya. 

7. Chiken katsu 

Menu ala Jepang dalam bentuk ayam berbalut tepung yang digoreng hingga crispy ini cocok disajikan dengan nasi dan salad segar. Jangan lupa memotongnya dalam bentuk kecil sehingga anak tidak repot saat akan menyantapnya. 

8. Egg snack box

Sebagai alternatif menu snack tanpa diolah, egg snack box ini bisa jadi pilihan yang pas buat bekal sekolah anak. Potong dadu telur yang sudah direbus, tambahkan potongan buah kesukaan anak, pilih buah aneka warna sehingga tampak cantik. Lengkapi kebutuhan nutrisinya dari waffle atau beberapa potong biskuit. 

9. Sandwich 

Sandwich bisa jadi alternatif bekal sekolah yang bisa divariasikan dengan berbagai jenis aneka selai dan isi. Mulai dari krim, keju, hingga irisan buah seperti stroberry hingga mentimun. Selain mengenyangkan, shandwich sangat praktis disajikan dan digemari anak-anak. 

10. Waffle 

Teksturnya yang lembut menjadikan waffle sebagai pilihan bekal sekolah yang digemari anak. Sangat fleksibel digabungkan dengan berbagai krim pelengkap atau topping apapun, mulai dari telur, keju, coklat hingga buah. Simple dan mudah dikemas. 

11. Muffins sayuran 

Sayuran yang bisa dipilih sebagai pelengkap seperti bayam dan wortel. Tambahkan 2-3 potong buah. Untuk kandungan proteinnya bisa ditambahkan ayam atau daging. Dengan komposisi seperti ini, bekal untuk makan sekolah sangat nikmat dan lengkap kandungan nutrisinya, serta mengenyangkan.  

12. Pancake pizza

Dibuat dengan adonan pancake yang gurih, toppingnya disesuaikan dengan bahan pizza favorit seperti pepperoni, paprika, tuna dan lainnya. Jangan lupa tambahkan saus tomat jika anak suka. Lengkapi dengan beberapa buah potong sebagai tambahan nutrisi buat si kecil.  

Bekal anak sekolah tadi bisa Mums ubah sendiri sesuai kesukaan si kecil dan bahan yang ada di rumah. Pastikan si kecil juga dibekali minum air putih atau susu sehingga tidak jajan minuman di luar yang biasanya tidak sehat. Selamat mencoba!

Baca juga: Solusi Anak Pilih-pilih Makanan

Referensi:

Eatingwell. easy-back-to-school-lunches-for-kids

Superjealthykids. kid-friendly-power-breakfasts-go

Yummytoddlerfood. 50-easy-school-lunch-ideas-for-kindergarten