Bukan Cuma Materi, Mums juga Butuh Ini dari Suami

Kamis, 18 April 2024 14:18 WIB

Bukan Cuma Materi, Mums juga Butuh Ini dari Suami
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Hidup berumah tangga memang butuh materi untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, materi saja tidaklah cukup. Ada banyak hal di luar urusan materi yang dibutuhkan istri dari suami. Misalnya perhatian, sekadar memberi kabar, dan banyak lagi. 


Sayangnya, hal-hal yang dibutuhkan istri dari suami ini kadang dianggap tidak penting dan diabaikan begitu saja. Mungkin karena kesibukan suami atau memang tidak peka. Karena itu dibutuhkan kepekaan dari suami untuk melihat dan menangkap apa yang dibutuhkan istri dari suami. 

Baca juga: Pria Krisis Paruh Baya, Ini Tanda-tandanya


Banyak hal yang dibutuhkan istri dari suami 

Berikut ini sejumlah hal yang dibutuhkan istri dari suami diluar urusan materi yang memang sudah menjadi kewajiban suami menafkahi istrinya. Inilah yang dibutuhkan istri dari suami: 


Respek dan penuh hormat

Suami dan istri setara di dalam rumah tangga. Jadi selain Mums respek ke Dads, sebalikny apun begitu. Istri pun perlu dihargai karena sudah mendampingi suami hingga saat ini. Contoh respek pada kehadiran istri antara lain melibatkan istri dalam setiap mengambil keputusan, mengikuti saran terbaik yang diberikan istri. Merespon percakapan dengannya.  

Kejutan dan hadiah

Rasanya tidak ada istri yang menolak diberikan hadiah kejutan dari suami. Tidak perlu hadiah bernilai tinggi, sekadar memberikan benda dengan warna kesukaan, jajanan favorit, hingga mentatakan sayang kembali di tanggal di mana Mums dan Dads berkomitmen bersama. 


Pujian

Tidak pelit pujian jika istri melakukan hal-hal kebaikan kecil dan pencapaian besar. Misalnya, membuat masakan yang enak sekali, tetap menyelesaikan pendidikan di tengah kesibukan mengasuh anak. Multitasking menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah tangga dalam satu waktu. Istri pasti meleleh diberikan pujian oleh suami.

Memberikan bantuan

Menawarkan bantuan tanpa diminta, dalah hal yang dibutuhkan istri dari suami. Ketika istri tampak kerepotan melakukan sesuatu, coba tawarkan bantuan. Sikap sigap suami membuat semangat istri meningkat berkali lipat. Diam-diam muncul kebanggaan dalam dirinya mempunyai suami yang siaga membantunya kapan saja

Selalu jadi prioritas

Meskipun sudah menikah lama, meluangkan waktu untuk istri tercinta di tengah kesibukan adalah hal yang didamba seorang istri. Kebiasaan baik ini sangat dibutuhkan istri. Sebab dari me time bersama pasangan ini, akan tercipta kedekatan psiklogis, akan ada obrolan ringan dan santai tentang berbagai masalah rumah tangga dan mencari solusinya bersama. Banyak impian dan rencana yang bisa disusun dan strategi meraihnya. Atau sekadar jalan bersama menghirup udara segar dan mengomentari keadaan sekitar. 

Cuma ingin didengar

Suami yang bisa jadi pendengar yang baik, memberi kesempatan istri untuk mengutarakan semua yang dirasakan. Tidak menyela omongannya sebelum selesai atau sebelum waktunya berbicara. Sikap ini menunjukkan toleransi seorang suami terhadap istrinya. Biarkan istri menyelesaikan pembicaraannya sampai selesai. Jadilah pendengar yang baik yang tidak hanya memberikan waktu bicara melainkan juga memberikan atensi dengan menatap penuh cinta, menyimak dengan seksama, tanpa diintervensi oleh gadget sedetikpun. 

Keintiman

Keintiman, ini bukan semata soal hubungan seks, melainkan kedekatan dengan pasangan baik secara fisik maupun psikis. Kenyamanan saat sedang berdua, sigap melindungi dari kemungkinan bahaya. Merangkul, memegang tangan ketika berjalan ini bentuk keintiman yang mesti dilakukan. Inilah yang dibutuhkan istri dari suami sebagai peneguhan atas komitmen dan tanggung jawabnya.  

Sesekali melakukan kontak mata dalam waktu yang lama. Ya, saling memandang satu sama lain. Sekadar menatap tanpa banyak bicara. Hal sepele yang manfaatnya besar buat keduanya. Tersenyum lebih dari biasanya, ini memberikan kedamaian dan ketenangan untuk istri. 


Terima kasih dan minta maaf
Berterima kasih pada hal-hal kecil yang dilakukan, adalah sikap yang dibutuhkan istri dari suami. Ucapan ini bukan bentuk pamrih, melainkan sekadar menghargai jerih payah istri yang sudah dilakukan untuk keluarga. 


Selain itu hangan gengsi untuk meminta maaf kalau ada hal yang membuat istri marah atau jengkel. Kemarahan yang dipendam tidak baik dalam suatu hubungan.


Ternyata banyak hal yang diinginkan istri dari suami. Tentu saja masih banyak lagi yang bisa dituliskan mengingat kondisi dan kebutuhan setiap pasangan berbeda. Nah, para Dads siap tidak memenuhi kebutuhan istri selain memberikan nafkah materi?

Baca juga: Fatherless di Indonesia: Pentingnya Peran Ayah bagi Anak

Referensi : 

Marriage. qualities-of-a-good-wife

Husbandhlephaven. 9-things-every-wife-needs-from-her-husband