10 Tips Persiapan Ujian Sekolah untuk Anak

Minggu, 28 April 2024 02:48 WIB

10 Tips Persiapan Ujian Sekolah untuk Anak
Amanda Sagarmatha

Amanda Sagarmatha

Bagikan :

Tidak hanya anak, orang tua pun dibuat repot dengan masa-masa ujian sekolah. Sebab berbagai persiapan ujian sekolah mesti dilakukan jauh-jauh hari. Hal ini tentu saja bertujuan agar ujian sekolah berjalan lancar tanpa gangguan berarti. 


Terlebih bagi anak-anak usia SD yang relatif belum mandiri dan masih sangat bergantung pada orang tua. Persiapan ujian sekolah jadi tanggung jawab penuh orang tua melebihi anak itu sendiri. Di sinilah orang tua mesti proaktif melakukan berbagai persiapan ujian sekolah si kecil agar ia bisa mengikutinya dengan baik. 


10 Tips Persiapan Ujian Sekolah 


Untuk memastikan anak siap mental dan materi dalam menghadapi ujian, berikut ini 10 tips persiapan ujian sekolah untuk anak yang bisa dilakukan Mums di rumah: 


1. Ingatkan jadwal ujian 

Langkah pertama adalah mengingatkan anak soal jadwal ujian yang semakin dekat. Lakukan ini beberapa bulan sebelum masa ujian tiba. Mums bisa menuliskannya di kalender atau memasang alarm di handphone. Dengan begitu anak tahu tanggal ujian dan bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari. 


2. Menjadi yang terbaik

Ingatkan anak bahwa ujian sekolah merupakan ajang untuk membuktikan bahwa dirinya mampu meraih prestasi terbaik sesuai potensinya. Tidak untuk membandingkan dengan anak lain, agar ia bisa fokus pada dirinya sendiri. 


3. Banyak berlatih 

Latihan yang dilakukan secara rutin akan mengasah kemampuan akademis anak. Semakin banyak berlatih, anak semakin percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Selain itu anak berkesempatan terus memperbaiki diri dari latihan-latihan yang dilakukan. Karena itu salah satu cara persiapan ujian sekolah adalah dengan membantu anak latihan soal-soal di rumah. Hal ini juga penting untuk anak beradaptasi dengan situasi ujian sekolah sehingga mengurangi tingkat stress yang dirasakan. 


4. Durasi yang efektif 

Latihan persiapan ujian sekolah bukan soal lamanya durasi waktu yang dihabiskan melainkan seberapa efektif waktu tersebut. Sesi latihan 15 menit namun efektif jauh lebih baik ketimbang 50 menit namun tidak efektif. Jadi Mums bisa mendorong anak untuk menyelesaikan tugasnya dalam waktu singkat dengan cara berkonsentrasi penuh tanpa distraksi apapun. 


5. Simulasi ujian 

Untuk melatih mental anak, Mums bisa menciptakan suasana menyerupai ujian. Misalnya dengan mengerjakan soal-soal latihan di dalam kamar yang didesain seperti ruang kelas. Gunakan pengatur waktu, hilangkan gangguan, jauhkan dari perangkat elektronik. Agar anak fokus dan merasakan atmosfer ujian sekolah. 


6. Pastikan anak sehat dan fit 

Ini salah satu kunci penting persiapan ujian sekolah. Pastikan kondisi fisik anak sehat dan fit sehingga ia bisa menjalani ujian dengan maksimal. Caranya dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup. Batasi jam bermain agar anak tidak kelelahan. Pastikan tidurnya cukup agar mood-nya terjaga dengan baik. 


7. Motivasi dan berpikir positif 

Persiapan ujian sekolah merupakan proses yang panjang, karena itu penting sekali untuk terus memberikan dukungan dan motivasi pada anak. Pastikan ia tetap optimis dan berpikir positif bahwa dirinya bisa menghadapi ujian sekolah dengan baik. Afirmasi dan dukungan positif pada anak akan sangat menguatkan mental dan pikirannya. 


8. Mengulang materi 

Bantu anak untuk membaca ulang dan merangkum materi penting pelajaran yang akan diujikan. Langkah persiapan ujian ini perlu dilakukan agar lebih fokus pada materi tertentu yang sekiranya akan keluar dalam ujian. Hal ini juga memudahkan anak saat melakukan pendalaman materi. 


9. Berkomunikasi dengan guru 

Langkah ini bisa dilakukan sebagai cara persiapan ujian anak dengan menanyakan kemampuan atau pencapaian anak dan kelemahan pada materi tertentu, sehingga bisa mengatur strategi belajar yang tepat. Selain itu, komunikasi ini sebagai bentuk dukungan moral pada anak dan guru dalam menghadapi ujian. Komunikasi yang baik antara guru dan orang tua akan semakin menambah kepercayaan diri anak karena merasa mendapatkan dukungan dan perhatian penuh dari orang tua dan gurunya. 


10. Tetapkan rutinitas 

Atur jadwal harian anak agar lebih terukur dan terkontrol dengan baik. Sehingga keseimbangan antara belajar, bermain, dan istirahat bisa terpenuhi dengan baik. Kondisi ini sangat penting untuk memberikan kesempatan tubuh melakukan tugas dan menerima haknya. Abaikan kegiatan yang tidak penting dan membuang energi anak. Saatnya fokus pada persiapan ujian sekolah agar berjalan lancar.


Mums, itulah 10 tips persiapan ujian sekolah anak yang bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum masa ujian tiba. Dengan persiapan yang matang dan maksimal, hampir bisa dipastikan anak akan mampu melaksanakan ujian dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal sesuai potensi dirinya. 




Referensi

https://plytime.com/8-top-tips-to-help-your-child-prepare-for-exams/

https://www.todaysparent.com/kids/how-to-help-your-child-prepare-for-exams/