8 Tips Agar Anak Hobi Membaca

Kamis, 18 April 2024 15:20 WIB

8 Tips Agar Anak Hobi Membaca
Ana Yuliastanti

Ana Yuliastanti

Bagikan :

Agar anak hobi membaca perlu dilatih sedini mungkin. Kebiasaan ini akan terbentuk seiring makin intensnya anak diajak untuk berinteraksi dengan buku bacaan. Mums bisa mulai mengenalkan anak dengan buku sejak bayi, karena ini adalah salah satu tips anak hobi membaca.


Saat ini banyak tersedia jenis buku bacaan untuk anak sesuai jenjang usianya. Buku dengan bentuk yang menarik, bahasa yang simpel, gambar yang estetik, membuat anak betah berlama-lama membukanya. Hal ini memudahkan upaya orangtua agar anak hobi membaca. 

Baca juga: Anak Jadi Sering Ngompol, Ketahui 8 Penyebabnya


Manfaat anak hobi membaca

Ada sejumlah alasan mengapa sangat penting orangtua mendorong agar anak hobi membaca. Di antaranya : 


Melatih konsentrasi 

Saat membaca anak diajarkan untuk fokus pada buku yang dipegangnya. Menyusuri kata demi kata yang ada, mengikuti alur cerita, hal ini sangat efektif untuk melatih fokus dan konsentasi anak pada suatu objek. Kemampuan fokus dan konsentrasi ini jelas sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang seorang anak, sehingga nantinya ia bisa fokus dan konsentrasi pada pelajaran di sekolah. 


Meningkatkan daya ingat 

Daya ingat seorang anak cenderung sangat kuat. Kebiasaan membaca akan semakin meningkatkan daya ingat seorang anak. Ketika dibacakan dongeng di malam hari, hampir pasti beberapa hari ke depan si anak akan terus mengingat cerita tersebut. 


Menambah wawasan 

Ungkapan yang menyebut membaca adalah jendela dunia benar adanya. Dengan hobi membaca, anak mengetahui dunia luar, mengetahui banyak hal. Dari sini imajinasinya berkembang. 


Melatih empati 

Dari cerita yang dibaca, sering melibatkan banyak emosi dan perasaan. Di sinilah empati seorang anak ditumbuhkan lewat bacaan. Merasakan apa yang si tokoh rasakan. Dan empati merupakan salah satu social skill yang penting diajarkan sejak kecil.


Memperkaya kosa kata 

Entah berapa banyak kata-kata baru yang dikenal anak dari buku yang dibaca. Makin banyak buku yang dibaca semakin banyak pula kosa kata baru yang didapat. Dengan banyaknya perbendaharaan kata yang dimiliki anak, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang cakap berkomunikasi. 


Belajar berpikir kritis 

Buku bacaan disusun secara sistematis, dengan membacanya kemampuan berpikir sistematis, analitis, dan kritis seseorang dilatih. Semakin sering membaca, semakin terasah pula kemampuan tersebut. 


Meningkatkan kecerdasan 

Membaca dapat meningkatkan wawasan seseorang. Banyak bukti yang menunjukkan orang yang rajin membaca cenderung lebihi cerdas karena wawasannya yang luas. Hal ini tentu saja berdampak positif terhadap prestasi di sekolah. 

Baca juga: Tips Memilih Sepatu Sekolah Anak yang Nyaman


8 Tips agar anak hobi membaca 

Orangtua bisa melakukan 8 cara berikut ini untuk mendorong agar anak hobi membaca. Langkah ini bisa dilakukan bahkan sebelum anak bisa membaca. Berikut ini kiat agar anak hobi membaca: 


1. Orangtua jadi role model 

Anak adalah peniru ulung, apapun yang orangtuanya lakukan pasti akan ditiru dan diikuti secara otomatis tanpa diperintah. Agar anak hobi membaca langkah pertama yang harus dilakukan orangtua dengan terlebih dahulu mencontohkan kebiasaan membaca setiap hari di rumah. Jadilah role model untuk anak. 


2. Bacakan dongeng setiap hari 

Rutin membacakan dongeng sebelum tidur, sejak anak lahir bahkan dianjurkan sejak dalam kandungan, akan semakin memudahkan melatih kebiasaan agar anak hobi membaca sedini mungkin. Rutinitas ini akan semakin lekat dengan kehidupan anak sehingga jika tidak dilakukan seperti ada yang kurang. 


3. Membaca di depan anak 

Lakukan kegiatan membaca di depan anak. Sehingga dia melihat langsung bagaimana orangtua menjadikan membaca sebagai rutinitas harian.  Antusiasme orangtua terhadap buku, akan menular ke anak. 


4. Ciptakan ruang membaca

Pastikan ada sudut membaca di rumah, sekecil apapun itu. Tidak perlu besar dan mewah, namun cukup nyaman untuk menghabiskan waktu dengan buku-buku kesayangan. 


5. Ajak anak ke toko buku dan perpustakaan

Selain membaca buku, kegiatan lain yang mendorong agar anak hobi memmbaca adalah dengan berkunjung ke toko buku dan perpustakaan. Selain berburu buku, kedua tempat ini juga memberikan kesempatan melihat anak-anak lain yang memiliki hobi yang sama yaitu membaca. 


6. Biarkan anak memilih buku bacaan 

Libatkan anak dalam berburu buku-buku favorit, biarkan ia memilih buku yang disukai. Orangtua cukup mengarahkan saja, misalnya membantu merekomendasikan buku-buku anak yang menarik. 


7. Bukan hanya buku 

Agar anak hobi membaca tidak selalu harus melalui buku bacaan. Membaca bukan hanya tentang duduk diam sambil memegang buku favorit, melainkan berbagai kegiaatan simpel terkait membaca. Sesederhana membaca rambu jalan, nama toko, daftar belanjaan dan banyak lagi. 


8. Kenali minatnya 

Perhatikan kecenderungan anak memilih jenis bacaan yang disukai. Sediakan buku bacaan yang sesuai minatnya. Pilihlah jenis bacaan yang kontennya tidak hanya menarik tapi juga edukatif. 


Seru banget kan Mums, aktivitas yang bisa Mums dan Dads lakukan untuk mendorong anak hobi membaca. Praktekkan tips agar anak hobi membaca ini sebagai rutinitas dan bukan paksaan.

Referensi : 

Learninglinks. benefits-of-reading

Understood.8-tips-to-help-young-kids-develop-good-reading-habits