10 Tanaman Pembersih Udara di Dalam Ruangan

Selasa, 16 April 2024 16:42 WIB

 10  Tanaman Pembersih Udara di Dalam Ruangan
Ana Yuliastanti

Ana Yuliastanti

Bagikan :

Tanaman yang cantik dan terawat tentu saja memberikan nilai estetik pada rumah dan halaman. Selain itu juga menghadirkan udara segar dan menangkal polusi, baik di dalam maupun di luar ruangan. Di dalam ruangan sendiri, ada berbagai jenis tanaman pembersih udara yang bisa dipilih. 


Kabar baiknya, tanaman pembersih udara di dalam ruangan umumnya tidak memerlukan perawatan ekstra. Sehingga memudahkan dalam perawatan terutama bagi Mums yang sibuk beraktivitas. Selain cantik dan estetik, tanaman pembersih udara di dalam ruangan wajib dimiliki sekarang juga. 

Baca juga: Cara Mudah Mengelola Sampah Rumah Tangga


Cara kerja tanaman pembersih udara 

Sejumlah penelitian menyebutkan tanaman pembersih udara dapat membantu mendetoksifikasi udara di ruangan. Tanaman hias ini tidak hanya menambah kecantikan ruangan  juga dapat menyerap udara beracun dan menggantinya dengan udara bersih yang dikeluarkan melalui proses fotosintesisnya. 


Disebutkan bahwa tanaman pembersih udara dapat mendetoksifikasi rumah dari racun, debu, dan kuman di udara yang berasal dari berbagai produk, bahan, dan furnitur rumah tangga. Sebab banyak furnitur rumah tangga kekinian yang bisa jadi sumber debu dan kuman kasat mata yang membahayakan kesehatan. 


Itu sebabnya, tanaman pembersih udara di dalam ruangan sangat dibutuhkan guna membantu proses pemurnian udara secara alami, murah, efisien dan bonus ruangan jadi lebih estetik, segar dan hidup. 

Baca juga: 13 Tips Belanja Hemat agar Kantong tidak Sekarat


10 jenis tanaman pembersih udara yang bisa hidup di dalam ruangan

Banyak sekali variasi jenis tanaman pembersih udara yang ada di pasaran. Namun, berikut ini 10 jenis tanaman pembersih udara yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Saatnya bersihkan udara di dalam ruangan secara alami melalui tanaman yang cantik dan menyehatkan berikut ini: 


1. Sansevieria 

Di Indonesia tanaman ini disebut dengan lidah mertua. Jenis sukulen berbentuk runcing memanjang berujung kuning ini melepaskan oksigen di malam hari. Proses detoksifikasi ruangan yang dilakukan oleh sanseiveria sangat dibutuhkan agar membantu menghadirkan perpanapasan yang sehat. 


2. Krisan 

Bunga krisan yang cerah merekah membuat ruangan makin segar. Di balik kecantikan bunga krisan, ada manfaat lain yaitu membantu menyaring sejumlah racu ntermasuk ammonia dan Benzema, sering ditemukan dalam platik, detergen, dan lem. Krisan cocok diletakkan di dapur dan ruang tamu agar lebih cerah ceria. 


3. Chlorophytum comosum atau tanamana laba-laba

Bagi pemula, tanaman pembersih ruangan jenis ini sangat cocok dimiliki karena cukup tangguh dan tidak perlu perawatan khusus. Tanaman ini bekerja melawan racun termasuk karbon monoksida dan xilena, pelarut yang digunakan dalam industri percetakan dan karet. Selain itu, jenis tanaman ini aman untuk hewan peliharaan karena tidak beracun. 


4. Lidah buaya

Salah satu tanaman herbal yang berfungsi menjadi tanaman pembersih udara, lidah buaya mampu memurnikan udara dari formaldehida dan Benzema yang dietmukan dalam pernis, pelapis lantai, dan deterjen. Letakkan di depan jendela, sebab ia menyukai tempat yang cerah dengan sinar matahari berlimpah. 


5. Bunga Lily Flamingo 

Tidak hanya menambah cantik ruangan, Lily flamingo mampu membantu mendetoksifikasi udara dalam ruangan. Cocok diletakkan di sudut ruang untuk menambah kehangatan dengan daun berbentuk hati berwarna merah salmon. Simpan di tempat terang namun jangan terkena sinar matahari secara langsung. 


5. Philodendron 

Bentuk daun yang besar dan hijau mengkilap, philodendron berfungsi membersihkan udara dengan menghilangkan formaldehida, senyawa kimia yang cenderung terdapat pada bahan bangunan. Selain terlihat cantik jika diletakkan di dalam rumah, pastikan juga cukup mendapatkan sinar matahari, air dan pupuk. 


7. Calathea 

Tanaman pembersih ruangan bernama calathea ini memiliki nuansa eksotis yang akan mencerahkan ruangan manapun. Warnanya yang indah namun unik membuat calathea makin terlihat sempurna karena kemampuannya menjernihkan udara sekitar dengan menyaring banyak senyawa beracun. 


8. Pakis boston 

Salah satu tanaman pembersih udara di ruangan yang satu ini telah terbukti mampu memberikan peningkatan kualitas udara yang signifikan karena membantu memulihkan kelembapan udara dalam ruangan. Cocok diletakkan di ruang tamu dekat jendela. 


9. Dracaena 

Salah satu tanaman hias dengan bentuk yang tinggi menjulang, cocok diletakkan di anak tangga atau ruangan dengan langit-langit yang tinggi. Dracaena sangat efisien dalam mendetoksifikasi udara di dalam ruangan terutama ruangan yang baru dilengkapi dengan perabotan anyar. 


10. Palem Bambu 

Salah satu jenis tanaman pembersih udara paling banyak dicari karena kemampuannya sangat luar biasa dalam memurnikan udara dari bahan kimia tertentu yang terkait dengan cat dan karpet baru. Butuh ruang dengan langit yang tinggi dan cukup luas karena tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 12 kaki. 


Kalau Mums berencana menanamsalah satu tanaman permbersih udara di rumah, pastikan mulai dari yang paling mudah perawatannya. sansivera dan palemb bambu contohnya. Mums cukup memberi pupuk dan menyiram 2-3 kali dalam seminggu. Pastiikan tanaman mendapat cukup cahaya matahari meskipun ditanam di dalam ruangan. Dengan begitu, tanaman akan subur dan Mums akan tergoda menanam tanaman lain yang lebih sulit perawatannya.

Baca juga: Bahaya Luka Bakar Kimia dan Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Referensi:

Countryliving. houseplants-to-purify-house-air

Gardenhealth. top-ten-air-purifying-houseplants